Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Rabu, 29 Juli 2009

Pemicuan di Desa Karanganyar

Kantor Kecamatan Karangrayung melalui tim CLTSnya bekerja sama dengan PLAN Internasional PU Grobogan dalam beberapa minggu di Bulan Juli dan Agustus 2009 mengadakan kegiatan pemicuan STBM (Sanitasi Total Bersama Masyarakat) kepada warga masyarakat di wilayah Desa Karanganyar Kecamatan Karangrayung. Kegiatan ini diagendakan secara rutin tiap hari Selasa dan Kamis. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memicu masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi warga masyarakat dalam mewujudkan sanitasi yang sehat berupa kesadaran untuk tidak membuang air besar disembarang tempat.
Kegiatan seperti ini bukan yang pertama kali dilaksanakan oleh PLAN Grobogan, sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Panimbo Kecamatan Kedungjati dan dinilai termasuk berhasil dan telah dicanangkan oleh Wabup Grobogan sebagai desa yang bebas BAB disembarang tempat.dan dapat dijadikan percontohan bagi wilayah yang lain. Dan bahkan dari keberhasilan tersebut, kades dan beberapa warganya diajak/difasilitasi PLAN ke Jakarta untuk memaparkan keberhasilannya dalam suatu forum. Selain itu juga di Desa Gunungtumpeng Kecamatan Karangrayung, namun di desa ini belum bisa dikatakan berhasil, hal ini karena pada waktu pelaksanaan pemicuan terkendala dengan waktu yqang belum tepat karena masih musim penghujan dan juga karena terjadinya hasil panen pertanian yang tidak memuaskan sehingga terkendala biaya. Dalam kegiatan ini warga terlebih dahulu diberikan pengertian-pengertian tentang pentingnya kesehatan dan kebersihan, diajak diskusi untuk menemukan dan memecahkan masalah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini