Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Kamis, 03 September 2009

PENTASYARUFAN ZAKAT KEC. KARANGRAYUNG


Bertempat di Masjid Roudhotun Naim Kecamatan Karangrayung, pada tanggal 3 September 2009 telah dilaksanakan pengukuhan Pengurus Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Karangrayung Masa Bhakti 2009 s.d 2012 oleh Camat Karangrayung dan sekaligus dilaksanakan pentasyarufan (pembagian) zakat, infaq dan shodaqoh kepada yang berhak menerima. Acara yang dihadiri oleh Para alim ulama, para kyai, sesepuh dan pinisepuh, Kepala Kantor Depag Kab. Grobogan, Muspika Karangrayung, Kepala UPTD/Instansi se-Kec. Karangrayung, Kepala Desa se-Kec. Karangrayung, seluruh Pengurus BAZ Kec. Karangrayung, para muzakki dan mustahiq.
Dalam sambutannya Camat Karangrayung, MUNDAKAR, S.Sos, berpesan agar pengurus BAZ yang baru dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menitipkan zakat infaq dan shodaqoh melalui BAZ Kec. Karangrayung . Selanjutnya Kepala Kandepag Kab. Grobogan Drs. H. Taslim, MPd.I. dalam sambutan dan ceramahnya mengajak kepada segenap hadirin (khususnya penerima ZIS) untuk dapat meningkatkan derajatnya yang sebelumnya sebagai penerima zakat mudah-mudahan ke depan menjadi pemberi zakat (muzakki).. Beliau juga merasa bangga karena ZIS Kecamatan Karangrayung pada Tahun 2009 ini masih dapat mempertahankan prestasinya yaitu merupakan yang terbesar se-Kabupaten Grobogan. Semoga bisa menjadi contoh bagi BAZ kecamatan yang lain di Kabupaten Grobogan.
Dalam laporannya Ketua Panitia H. BUSRI, Sag Kepala KUA Karangrayung menyampaikan bahwa jumlah penerimaan sebesar Rp. 45.204.000,-.. Sedangkan untuk pembagiannya sebagai berikut Fakir Miskin 120 orang (Rp. 12.000.000,-), Yatim piatu 61 anak (Rp. 4.575.000,-), Bantuan Modal Pedagang kecil 26 orang (Rp. 10.400.000,-), Guru wiyata bakti/fisabilillah 70 orang (Rp. 7.000.000,-), Masjid, mushola, 8 buah (Rp. 4.000.000,-), Bantuan sertifikat wakaf (Rp. 1.000.000,-), dan penderita hidrocephalus (Fika, Nampu) sebesar Rp.300.000,-. Sedangkan sisanya digunakan untuk pengelolaan dan saldo untuk tahun 2010.
Ketua Badan Pelaksana BAZ Kec. Karangrayung Joko Supriyanto, S.STP, MH, Sekcam Karangrayung menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi dan kekurangannya, diantaranya adalah belum adanya tenaga profesional yang bekerja penuh waktu untuk melayani ZIS karena sebagian besar pengurus mempunyai kegiatan/pekerjaan lain, dalam pembagian ZIS belum dapat memenuhi 8 asnaf dan tidak merata ke seluruh desa se-Kec. Karangrayung karena mengacu pada salah satu hadits sebagai berikut ”Zakat itu diambil dari orang kaya di kalangan mereka dan dikembalikan (dibayarkan) kepada kaum fakirnya.”. Oleh karena itu diminta bantuannya kepada seluruh Kepala Dinas/Instansi dan Kepala Desa agar dapat lebih meningkatkan perannya dalam pengumpulan ZIS sehingga ke depan penerimaan ZIS akan meningkat. Dan semoga ZIS sebagai sarana pengembangan perekonomian Umat Islam dapat tercapai.
Pada kesempatan itu pula disampaikan penghargaan bagi para muzakki teladan, dan sebagai teladan adalah Bp. H. Ashari (Guru), Ibu Hj. Sri Sutanti (Guru), Bp. Basirin, STP (PPL), Bp. Serka Sudi Hartoyo (Polisi) dan Bp. H. Moh Nasro, SP (Pertanian).
video

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini