Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Selasa, 17 November 2009

Pasar Gubug Grobogan Terbakar


Kebakaran besar mnimpa Pasar Gubug-Grobogan pada tanggal 15 Nopember 2009 sekitar jam 16.00 WIB. Lima unit mobil kebakaran yang terdiri dari satu milik Pemkab Grobogan, tiga milik Pemkab Demak, dan satu dari Pemkot Semarang, yang datang sekitar setengah jam setelah kejadian juga tidak bisa langsung memdamkan kobaran api yang semakin meluas. Nyala api itu akhirnya baru bisa padam sekitar pukul 21.00 WIB.
Kepala UPTD pasar Gubug, Mulyanto mengatakan, luas pasar yang terbakar itu seluas 9686 m2, terdiri dari 191 bangunan kios, antara lain 30 kios los dan 624 petak. Menurutnya, pasar tersbeut ditempati 1041 pedagang, yang terdiri dari 159 kios grabah, 24 kios warung makan, 39 kios klitikan, 16 kios elektronik, 222 kios pakaian , 12 kios sepeda, enam kios beras , 78 kios sayuran , 42 kios daging, 21 kios ikan , 20 kios ayam , 35 kios bush-buahan , 47 kios tahu, dan 14 kios krupuk.
Satu hari setelah terjadinya kebakaran yang menimpa Pasar Gubug-Grobogan Pada beberapa tempat ditempeli sebuah pengumuman bagi para pedagang pasar gubug. Yaitu bahwa pada hari Rabu, 18 Nopember 2009 bertempat di Kantor Kecamatan Gubug direncanakan akan dilaksanakan musyawarah guna pengaturan penempatan pedagang Pasar Gubug di tempat penjualan sementara.  Jam 8.00 – 10.00 WIB bagai para pedagang yang menempati toko-toko dan los A-K yaitu para pedagang pakaian, klitikan dan bumbon. Jam 10.00 – 12.00 WIB bagi para pedagang yang menempati los L-X yaitu para pedagang bumbon dan ikan. Sedangkan bagi pedagang yang menempati dasaran dalam pasar dilaksanakan dari jam 12.00-14.00 WIB.


Tampak para pedagang yang sedang melihat-lihat dan mencari-cari sisa-sisa bangunan/barang dagangannya yang mungkin masih dapat terselamatkan, namun tampak pula yang sedang mengambili besi-besi sisa kebakaran. Di beberapa tempat sudah mulai tampak para pedagang yang sedang membuat los/tempat jualan. Sedang pada kios luar yang masih dapat digunakan meskipun sebagian telah terbakar mulai ditata kembali dengan peralatan seadanya. Di sepanjang jalan di sekitar pasar gubug sudah mulai penuh dengan calon tempat jualan  yang akan mereka gunakan nantinya. Demikian pula sebuah lapangan yang berada sekitar 100 m arah selatan pasar gubug tampak penuh dengan petak-petak yang telah dibuat para pedagang.

4 komentar:

  1. sabutase niku,kemugkinan arep dibangun ben rodo rapi

    BalasHapus
  2. wah lha haul ngroto kok g ndang d posting kie pie jal...???

    BalasHapus

Berita Populer Minggu Ini