Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada

Kamis, 31 Desember 2009

Pelimpahan sebagian Kewenangan Bupati Grobogan Kepada Camat


Mendasarkan pada  :

  1. Pasal 126 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;  
  2. Pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan;  
  3. Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 10 Tahun 2008 tentang  Susunan,  Kedudukan  Dan Tugas Pokok Organisasi Kecamatan Dan Kelurahan Kabupaten  Grobogan; serta  
  4. Pasal 4 Peraturan Bupati Grobogan Nomor 53 Tahun 2008 tentang  Tugas   Pokok, Fungsi, Uraian  Tugas Jabatan   Dan   Tata   Kerja  Organisasi   Kecamatan   Kabupaten  Grobogan;
bahwa Bupati mempunyai kewajiban untuk melimpahkan sebagian kewenangan kepada Camat yang dituangkan dalam Peraturan Bupati.Guna menindaklanjuti ketentuan dimaksud Bupati Grobogan telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Pemerintahan Oleh Bupati Grobogan Kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan Untuk Melaksanakan Sebagian Urusan Otonomi Daerah.

Petani Berharap Alokasi Padi Hibrida Ditambah

GROBOGAN- Petani percontohan penanaman padi hibrida di Kecamatan Godong dan Karangrayung sangat puas dengan hasil panen yang didapat dari varietas tersebut. Nurhari (40), petani dari Kelompok Tani Sidomakmur II Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung, berharap adanya pengalokasian SLPTT padi hibrida bernas tahun depan ditambah.
‘’Memang awalnya saya ragu dengan percontohan ini. Namun, setelah membuktikan sendiri, saya mengusulkan penambahan alokasi SLPTT padi hibrida bernas ditambah mulai tahun depan,’’ kata Nurhari, Rabu (30/12).

Selasa, 29 Desember 2009

Musyawarah Desa Serah Terima PNPM-MP

Berapa desa di Kecamatan Karangrayung telah melaksanakan Musyawarah Desa Serah Terima PMPM-MP Tahun Anggaran 2009, diantaranya adalah :
  1. Desa Telawah, tanggal 15 Desember 2009
  2. Desa Nampu, tanggal 23 Desember 2009
  3. Desa Jetis, tanggal 23 Desember 2009
  4. Desa Rawoh, tanggal 29 Desember 2009
  5. Desa Mangin, tanggal 24 Desember 2009
  6. Desa Mojoagung, tanggal 24 Desember 2009
  7. Desa Pangkalan, tanggal 29 Desember 2009
  8. Desa Jetis, tanggal 23 Desember 2009

Lelangan TKD Cekel



TERKENA API DI KUBURAN

Diceritakan dari Ibnu Hajar bahawa serombongan orang dari kalangan Tabi'in pergi berziarah ke rumah Abu Sinan. Baru sebentar mereka di rumah itu, Abu Sinan telah mengajak mereka untuk berziarah ke rumah jirannya. "Mari ikut saya ke rumah jiran untuk mengucapkan ta'ziah atas kematian saudaranya." kata Abu Sinan kepada tetamunya. Sesampainya di sana, mereka mendapati saudara si mati senantiasa menangis karana terlalu sedih. Para tetamu telah berusaha menghibur dan membujuknya agar jangan menangis, tapi tidak berjaya. "Apakah kamu tidak tahu bahwa kematian itu suatu perkara yang mesti dijalani oleh setiap orang?" tanya para tetamu. "Itu aku tahu. Akan tetapi aku sangat sedih kerana memikirkan siksa yang telah menimpa saudaraku itu." jawabnya. "Apakah engkau mengetahui perkara yang ghaib?" "Tidak. Akan tetapi ketika aku menguburkannya dan meratakan tanah di atasnya telah terjadi sesuatu yang menakutkan. Ketika itu orang-orang telah pulang, tapi aku masih duduk di atas kuburnya. Tiba-tiba terdengar suara dari dalam kubur "Ah....ah....Mereka tinggalkan aku seorang diri menanggung siksa. Padahal aku mengerjakan puasa dan solat". Jeritan itu betul-betul membuatku menangis kerana kasihan. Aku coba menggali kuburnya semula kerana ingin tahu apa yang sudah terjadi di dalamnya. Ternyata kuburan itu telah penuh dengan api dan di leher si mayat ada rantai dari api. Kerana kasihan kepada saudara, aku cuba untuk melepaskan rantai itu dari lehernya. Apabila aku hulurkan tangan untuk membukanya, tanganku terbakar."

WANITA BERTANGAN LUMPUH Berdermalah selagi kalian mampu



         Pada suatu hari pernah seorang wanita yang lumpuh tangan kanannya menghadap Nabi S.A.W seraya berkata : "Ya Nabiyallah, kumohon sudilah kiranya baginda memohon kepada Allah SWT agar Dia menyembuhkan tangan kananku yang lumpuh ini!"
Nabi S.A.W bertanya kepadanya : "Apakah yang menjadikan tanganmu lumpuh ?"
 Maka wanita tadi menceritakan sebab kelumpuhannya :
"Ya, Nabiyallah, pada suatu malam aku bermimpi seakan-akan hari kiamat telah tiba. Neraka Jahannam yang apinya menyala-nyala tergambar dengan jelas dalam impianku, begitu juga surga. Namun betapa hati merasa sedih ketika aku melihat ibuku berada di neraka Jahannam. Dia memegang sepotong lemak dan selembar kain serbet. Dengan sepotong lemak dan selembar kain serbet itulah ibuku nampak bersusah payah menghalangi panasnya jilatan api neraka Jahannam. Maka aku segera menyapa ibuku : "Aduh ibu, mengapa ibu berada di jurang neraka Jahannam ini ? Padahal setahuku, ibu dulu rajin beribadah kepada Allah SWT, dan ayahpun nampaknya meridhai kebaktianmu ?"

Pokdakan Mina Rejo Desa Ketro terima BSHBI TA 2009

Dua puluh satu Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Grobogan pada Bulan Nopember 2009 menerima Bantuan Selisih Harga Benih Ikan (BSHBI) Tahun Anggaran 2009 yang beasal dari dana APBN. Secara keseluruhan jumlah komoditas yang diterima adalah 102.000 ekor nila, 475.000 ekor lele, dan 38.300 ekor gurami, salah satunya adalah Pokdakan Mina Rejo Desa Ketro yang menerima 5.000 ekor nila, 20.000 ekor lele.

Gaji PNS Bulan Januari 2010 terlambat diterima

Realisasi gaji CPNS dan PNS kabupaten Grobogan bulan Januari 2010 akan diterimakan pada hari Senin, 4 Januari 2010. Hal tersebut dikarenakan penyaluran DAU dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Departeman keuangan Republik Indonesia ke daerah dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2010.
Adapun pelaksanaannya mendasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 21/PMK.07/2009 tanggal 16 Januari 2009 tentang Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Transfer ke Daerah, Bagian Ketiga Dana Alokasi Umum Pasal 23 ayat :
  1. Penyaluran DAU dilaksanakan setiap bulan masing-masing sebesar 1/12 (satu perdua belas) dari besaran alokasi masing-masing daerah.
  2. Penyaluran sebagaimana dimaksud ayat (1) dilaksanakan pada awal hari kerja untuk bulan Januari dan 1 (satu) hari kerja sebelum awal hari kerja bulan berikutnya untuk bulan Pebruari sampai dengan bulan Desember.

Minggu, 27 Desember 2009

RAHASIA KHUSYUK DALAM SHOLAT

Seorang ahli ibadah bernama Isam bin Yusuf, dia sangat warak dan sangat khusyuk solatnya. Namun dia selalu khuatir kalau-kalau ibadahnya kurang khusyuk dan selalu bertanya kepada orang yang dianggapnya lebih ibadahnya, demi untuk memperbaiki dirinya yang selalu dirasakan kurang khusyuk. Pada suatu hari, Isam menghadiri majlis seorang abid bernama Hatim Al-Isam dan bertanya : "Wahai Aba Abdurrahman, bagaimanakah caranya tuan solat?" Hatim berkata : "Apabila masuk waktu solat aku berwudhu' zahir dan batin." Isam bertanya, "Bagaimana wudhu' zahir dan batin itu?" Hatim berkata, "Wudhu' zahir sebagaimana biasa, iaitu membasuh semua anggota wudhu' dengan air.

DAPAT PAHALA HAJI MABRUR, TAPI TIDAK HAJI

Sa'id Ibnu Muhafah, Tukang Sol sepatu yang mendapatkan pahala haji mabrur, padahal ia tidak haji, suatu ketika Hasan Al-Basyri menunaikan ibadah haji. Ketika beliau sedang istirahat, beliau bermimpi. Dalam mimpinya beliau melihat dua Malaikat sedang membicarakan sesuatu. "Rasannya orang yang menunaikan haji tahun ini, banyak sekali" Komentar salah satu Malaikat "Betul" Jawab yang lainya. "Berapa kira - kira jumlah keseluruhan?" "Tujuh ratus ribu" "Pantas" "Eh, kamu tahu nggak, dari jumlah tersebut berapa kira - kira yang mabrur", Selidik Malaikat yang mengetahui jumlah orang - orang haji tahun itu "Wah, itu sih urusan Allah" "Dari jumlah itu, tak satupun yang mendapatkan haji Mabrur" "Kenapa?" "Macam - macam, ada yang karena riyak, ada yang tetangganya lebih memerlukan uang tapi tidak dibantu dan dia malah haji, ada yang hajinya sudah berkali kali, sementara masih banyak orang yang tidak mampu, dan berbagai sebab lainnya' "Terus?" "Tapi Masih ada, orang yang mendapatkan Pahala haji mabrur tahun ini" "Lho katannya tidak ada" "Ya, karena orangnya tidak naik haji" "Kok bisa" "Begitulah" "Siapa orang tersebut?" "Sa'id bin Muhafah, tukang sol sepatu di kota Damsyiq"

CINTA SEJATI SEORANG IBU TERHADAP ANAK-ANAKNYA


         Dia seorang wanita yang sudah tua, namun semangat perjuangannya tetap menyala seperti wanita masih muda. Setiap tutur kata yang dikeluarkannya selalu menjadi pendorong dan bualan orang sekitarnya. Maklum-lah ia memang seorang penyair dua zaman, maka tidak kurang pula bercakap dalam bentuk syair. Al-Khansa binti Amru demikianlah nama wanita itu. Dia merupakan wanita yang terkenal cantik dan pandai di kalangan orang Arab.
         Dia pernah bersyair mengenang kematian saudaranya yang bernama Sakhr:
“Setiap mega terbit, dia mengingatkan aku pada si Sakhr, malang.
Aku pula masih teringatkan dia setiap mega hilang di ufuk barat.
Kalaulah tidak kerana terlalu ramai orang menangis di sampingku ke atas mayat-mayat mereka, nescaya aku bunuh diriku.”
Setelah Khansa masuk Islam, keberanian dan kepandaiannya bersyair telah digunakannya untuk menye-marakkan semangat para pejuang Islam. Ia mempunyai empat orang putera yang kesemuanya telah diajar ilmu bersyair dan dididik berjuang dengan berani. Kemudian kesemua puteranya itu telah diserahkannya untuk berjuang demi kemenangan dan kepentingan Islam.
Khansa telah mengajar anaknya sejak kecil lagi agar jangan takut menghadapi peperangan dan cabaran. 


        

BELAJAR DARI BURUNG DAN CACING

Bila kita sedang mengalami kesulitan hidup karena himpitan kebutuhan materi, maka cobalah kita ingat pada burung dan cacing. Kita lihat burung tiap pagi keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Tidak terbayang sebelumnya kemana dan dimana ia harus mencari makanan yang diperlukan. Karena itu kadangkala sore hari ia pulang dengan perut kenyang dan bisa membawa makanan buat keluarganya, tapi kadang makanan itu Cuma cukup buat keluarganya, sementara ia harus puasa. Bahkan seringkali ia pulang tanpa membawa apa-apa buat keluarganya sehingga ia dan keluarganya harus berpuasa.

Batu dan Bisikan


            Suatu ketika, tersebutlah seorang pengusaha muda dan kaya. Ia baru saja membeli mobil mewah, sebuah Jaguar yang mengkilap. Kini, sang pengusaha, sedang menikmati perjalanannya dengan mobil baru itu. Dengan kecepatan penuh, dipacunya kendaraan itu mengelilingi jalanan tetangga sekitar.
            Di pinggir jalan, tampak beberapa anak yang sedang bermain sambil melempar sesuatu. Namun, karena berjalan terlalu kencang, tak terlalu diperhatikannya anak-anak itu. Tiba-tiba, dia melihat sesuatu yang melintas dari arah mobil-mobil yang di parkir di jalan. Tapi, bukan anak-anak itu yang tampak melintas. Aah..., ternyata, ada sebuah batu yang menimpa Jaguar itu. Sisi pintu mobil itupun koyak, tergores batu yang dilontarkan seseorang. 

BANYAKLAH BER-ZIKIR

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a.. Ia berkata bahwa Rasulullah saw. Bersabda, "Sesungguhnya Allah S.W.T memiliki malaikat-malaikat yang berkeliling di jalan-jalan guna mencari hamba ahli berzikir.
Jika mereka mendapati kaum yang selalu berzikir kepada Allah S.W.T, mereka menyerunya, `Serukanlah kebutuhan kalian.' Kemudian mereka membawanya dengan sayap-sayapnya ke atas langit bumi. Lalu mereka ditanya oleh Rabb-nya (Dia Maha Mengetahui), `Apa yang dikatakan oleh hamba-hamba-Ku?'

BAGAIMANA AKU HARUS MEMBERI TAHUMU



         Alkisah ada seorang nabi yang bersahabat dengan malaikat maut. Pada suatu hari Nabi Allah ini berkata kepada malaikat maut, "Wahai malaikat maut, bila tiba waktunya engkau mencabut nyawaku, maukah engkau memberitahu aku jauh-jauh hari sebelumnya ?".
"Karena engkau nabi Allah, aku akan turuti permintaanmu itu!" jawab malaikat maut singkat.

         Singkat cerita, setelah beberapa lama kemudian datanglah malaikat maut menjumpai sang nabi yang saat itu sedang lesehan melepaskan lelah, "Wahai nabi Allah, sekaranglah saatnya aku ditugaskan Allah untuk menjemputmu!"
"Hai malaikat maut, lupakah engkau akan kesepakatan kita ? lupakah engkau akan janjimu ? Bukankah engkau telah berjanji akan memberitahu aku terlebih dahulu sebelum saat ini tiba, mengapa engkau ingkar janji?" tanya Nabi dengan penuh keheranan "Sebenarnya aku tidak pernah ingkar janji, aku juga tidak lupa akan kesepakatan kita, hanya engkau saja yang tidak menyadari."
"Maksudmu engkau telah memberitahu aku sebelumnya ?"
"Benar wahai Nabi Allah, bahkan aku berkali-kali memberitahu dan memperingatkanmu."
"Kapan itu kau lakukan ?" tanya Nabi penuh keheranan

         "Wahai Nabi Allah, bukankah sebulan yang lalu kau ikut memikul jenazah si fulan ? tidak sadarkah engkau bahwa saat itu akulah yang datang ? bukankah seminggu yang lalu kau ikut memandikan mayat si Polan ? tidak tahukah engkau bahwa saat itu akulah yang mengunjungi ? bukankah kemarin engkau ikut menshalatkan jenazah si anu ? lupakah engkau bahwa saat itu akulah yang bertamu ? bukankah tadi pagi engkau ikut menguburkan si Polin ? masih belum tahu dan belum sadarkah engkau bahwa saat itu akulah yang menjemputnya? Kalau semua itu belum cukup lalu dengan cara bagaimana lagi aku harus memberitahumu ?" jawab malaikat tidak kalah herannya.


ANAK KECIL YANG TAKUT API NERAKA

Dalam sebuah riwayat menyatakan bahawa ada seorang lelaki tua sedang berjalan-jalan di tepi sungai, sedang dia berjalan-jalan dia terpandang seorang anak kecil sedang mengambil wudhu' sambil menangis. Apabila orang tua itu melihat anak kecil tadi menangis, dia pun berkata, "Wahai anak kecil kenapa kamu menangis?" Maka berkata anak kecil itu, "Wahai pakcik saya telah membaca ayat al-Qur'an sehingga sampai kepada ayat yang berbunyi, "Yaa ayyuhal ladziina aamanuu quu anfusakum" yang bermaksud, " Wahai orang-orang yang beriman, jagalah olehmu sekalian akan dirimu." Saya menangis sebab saya takut akan dimasukkan ke dalam api neraka." Berkata orang tua itu, "Wahai anak, janganlah kamu takut, sesungguhnya kamu terpelihara dan kamu tidak akan dimasukkan ke dalm api neraka." Berkata anak kecil itu, "Wahai pakcik, pakcik adalah orang yang berakal, tidakkah pakcik lihat kalau orang menyalakan api maka yang pertama sekali yang mereka akan letakkan ialah ranting-ranting kayu yang kecil dahulu kemudian baru mereka letakkan yang besar. Jadi tentulah saya yang kecil ini akan dibakar dahulu sebelum dibakar orang dewasa." Berkata orang tua itu, sambil menangis, "Sesungguh anak kecil ini lebih takut kepada neraka daripada orang yang dewasa maka bagaimanakah keadaan kami nanti?"

ABU BAKAR DENGAN TUKANG RAMAL

 
         Abu Bakar mempunyai seorang hamba yang menyerahkan sebagian dari pendapatan hariannya. Pada suatu hari hambanya itu telah membawa makanan lalu dimakan sedikit oleh Abu Bakar. Hamba itu berkata: “Kamu selalu bertanya tentang sumber makanan yang aku bawa tetapi hari ini kamu tidak berbuat demikian.”
“Aku terlalu lapar sehingga aku lupa bertanya. Terangkan kepada ku dimana kamu mendapat makanan ini.”
Hamba: “Sebelum aku memeluk Islam aku menjadi tukang ramal. Orang-orang yang aku ramal nasibnya kadang-kadang tidak dapat bayar uang kepadaku. Mereka berjanji akan membayarnya apabila sudah memperoleh uang. Aku telah berjumpa dengan mereka hari ini. Merekalah yang memberikan aku makanan ini.”
Mendengar kata-kata hambanya Abu Bakar memekik : “Ah! Hampir saja kau bunuh aku.”

         Kemudian dia coba mengeluarkan makanan yang telah ditelannya. Ada orang yang menyarankan supaya dia mengisi perutnya dengan air dan kemudian memuntahkan makanan yang ditelannya tadi. Saran ini diterima dan dilaksanakannya sehingga makanan itu dimuntah keluar.
Kata orang yang mengamati : “Semoga Allah memberikan rahmat atas mu. Kamu telah bersusah payah karena makanan yang sedikit.”

Kepada orang itu Abu Bakar menjawab: “Aku sudah pasti memaksanya keluar walaupun dengan berbuat demikian aku mungkin kehilangan nyawaku sendiri. Aku mendengar Nabi berkata : “Badan yang tumbuh subur dengan makanan haram akan merasakan api neraka.” Oleh karena itulah maka aku memaksa makanan itu keluar takut kalau-kalau ia menyuburkan badanku.”

Abu Bakar sangat teliti tentang haram halalnya makanan yang dimakannya.
Jangan mendapatkan harta melalui jalan yang haram, Jangan gunakan harta yang haram bagi diri sendiri apalagi untuk orang lain.
Kelak diyaumil akhir akan ditanya " Dari mana kamu peroleh hartamu dan kemana kau belanjakan "

Kamis, 24 Desember 2009

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya Desa Karanganyar


Laksana Pengantin Baru, para Perangkat Desa Lainnya Desa Karanganyar dengan didampingi oleh istrinya masing-masing yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Desa Karanganyar  pada Hari Kamis, 24 Desember 2009 sekitar jam 13.00 WIB.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya Desa Rawoh


Tampak keceriaan di wajah para Perangka Desa lainnya Desa Rawoh yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya oleh kepala Desa Rawoh di Balai Desa Pada hari Kamis, 24 Desember 2009.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya Desa Putatnganten


Perangkat Desa Lainnya Desa Putatnganten yaitu Kepala Dusun Jawong, hasil ujian tanggal 7 Desember telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Desa Putatnganten pada Hari Kamis, 24 Desember 2009 di Balai Desa Putatnganten.

Pemberhentian Kaur Pembangunan dan Perekonomian Desa Cekel


Bertempat di Balai Desa Cekel pada hari Kamis, 24 Desember 2009 telah dilaksanakan Pemberhentian Kaur Pembangunan dan Perekonomian Desa Cekel. Acara ini dilaksanakan sebelum pelantikan dan pengambilan sumpah Perangkat Desa Lainnya Desa Cekel.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya Desa Cekel


Bertempat di Balai Desa Cekel pada hari Kamis, 24 Desember 2009 dimulai jam 14.30 WIB dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya yaitu Kaur Pembangunan dan Perekonomian.

Rabu, 23 Desember 2009

Panitia Ujian Perdes Didemo

GROBOGAN- Puluhan warga Desa Termas, Kecamatan Karangrayung, memprotes dengan berunjuk rasa di balai desa setempat. Aksi dilakukan terkait seleksi perangkat desa (Perdes) yang dinilai tidak fair dan merugikan sejumlah peserta.

Berbagai poster dibentangkan yang isinya memprotes pelaksanaan seleksi perdes. Termasuk tuntutan kepada panitia yang dinilai merugikan sebagian besar peserta. Beberapa warga juga melakukan berbagai orasi dan seruan kepada panitia agar hasil ujian dibatalkan.

Dalam aksinya, panitia perdes dituding telah melakukan kecurangan dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, pungutan biaya pendaftaran dan pengambilan formulir Rp 500 ribu dinilai bertentangan dengan isi Perda Grobogan Nomor 9 Tahun 2006 dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 10 Tahun 2009.

Seleksi perangkat 4 desa kisruh

GROBOGAN - Aksi protes calon perangkat desa (perdes) yang kalah dalam seleksi, terjadi di beberapa desa hingga Kamis kemarin (10/12). Para perdes bersam massa pendukungnya melakukan aksi memprotes hasil seleksi, dengan melakukan demo ke balai desa. Mereka menilai pelaksanaan tes perdes pada Senin (7/12) lalu masih diwarnai korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) oleh oknum kepala desa (kades) dan panitia. Akibat aksi protes tersebut, pelaksanan tes di empat desa terpaksa dibatalkan dan ditunda. Di Desa Bendoharjo dan Desa Pelem (Kecamatan Gabus) hasil tes dibatalkan. Sedangkan pengisian di Desa Pepe dan Desa Trowolu Kecamatan Tegowanu ditunda tahun depan.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya Desa Termas



Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya Desa Dempel



Bhakti Sosial HKG PKK ke-37 Tahun 2009 Kabupaten Grobogan di Desa Karanganyar


Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-37 Tahun 2009 Kabupaten Grobogan diselenggarakan beberapa kegiatan diantaranya adalah bhakti sosial yang mengambil lokasi di Desa Karanganyar Kecamatan Karangrayung. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Grobogan Ibu Dyah Bambang Pudjiono. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan kegiatan bhakti sosial ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan ungkapan rasa kasih sayang PKK kepada para lanjut usia khususnya di Desa Karanganyar, dan sekaligus minta doanya agar dapat melaksanakan amanah yang telah diberikan masyarakat Kabupaten Grobogan. Turut hadir pada acara tersebut Camat Karangrayung, Mundakar,S.Sos, MM., Sekcam Joko Supriyanto, S.STP,MH., Ketua TP PKK Kec. Karangrayung dan anggota,

Senin, 21 Desember 2009

Bantuan Stimulan Operasional dan Peningkatan SDM

Pada Tahun Anggaran 2009 ini Pemerintah Kabupaten Grobogan mengalokasikan anggaran Bantuan Stimulan Operasional dan Peningkatan SDM bagi madrasah, TPQ, Pondok Pesantren, Thoriqoh dan SM gereja. Untuk Kecamatan Karangrayung yang menerima sejumlah 21 MA/MW, 46 TPQ, 10 Pondok Pesantren masing-masing 500 rb, 5 Thoriqoh masing-masing menerima 500rb dan 1 SM Gereja Betel Injil Sesepuh menerima 500rb. Untuk MA/MW sebesar 500 rb/1,5 jt/2 jt/3 jt; TPQ masing-masing menerima 500rb. Adapun nama-nama Thoriqoh yaitu :
  1. Thoriqoh Qodiriyah Wannaqsabandiyah Termas (KH. Ali Ma'mun)
  2. Thoriqoh Qodiriyah Wannaqsabandiyah Dempel (K. Damun)
  3. Thoriqoh Qodiriyah Wannaqsabandiyah Mrayun Termas (K. Nur Ihsan)
  4. Thoriqoh Kholidiyah Naqsabandiyah Mojoagung (K. Imam Taqwa)
  5. Thoriqoh Kholidiyah Naqsabandiyah Getas Termas (K. Musmin Amin)

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya Desa Pangkalan



Syukuri dan amanah baru yang diemban selaku Perangkat Desa. Segera pelajari tupoksi masing-masing menurut Perda yang berlaku. Selaku perangkat harus bisa ngemong masyarakat. Ikuti perkembangan teknologi seperti penggunaan komputer.Tingkatkan pelayanan masyarakat. Disiplin dalam bekerja, patuhi jam kerja dan pakaian dinas yang berlaku, jangan melakukan kegiatan yang tercela. Demikian beberapa poin yang disampaikan Camat Karangrayung, Mundakar, S.Sos dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa lainnya Desa Pangkalan oleh Kepala Desa Pangkalan pada hari Senin, 21 Desember 2009 di Balai Desa Pangkalan. selanjutnya beliau juga berpesan kepada para istri dan suami Perangkat Desa yang baru saja dilantik agar ikut mendukung pelaksanaan tugas istri dan suaminya, memberikan tambahan semangat dan mengikuti kegiatan PKK. Pada acara tersebut dihadiri Muspika, Panwas Tingkat Kecamatan, Perangkat Desa, anggota BPD, LPMD, Ketua RW/RT, TP PKK Desa, tomas/toga.

Sabtu, 19 Desember 2009

Laporan Keuangan BAZ Kec. Karangrayung Bulan Nopember 2009

Saldo Bulan Oktober 2009 : Rp. 3.746.138,-

1. H. Nasro                              : Rp.   100.000,-
2. Serka Sudi Hartoyo           : Rp.       80.000,-
3. SMP N 1 Karangrayung    : Rp.       20.000,-
4. Rusno                                  : Rp.       50.000,-
5. Pelda Margono                  : Rp.       50.000,-
6. Guru Agama                       : Rp. 2.500.000,-
7. Marmin                                : Rp.    250.000,-
8. Rusminah                            : Rp.    250.000,-
9. SMPN 1 Karangrayung     : Rp.      20.000,-
10.Ali Al fatah                         : Rp.    150.000,-
11.Kec+Sekdes                     : Rp.    192.000,-
12.Hj. Marfuah                        : Rp.    100.000,-
13.Hj. Siti                                : Rp.    100.000,-
14.Hj. Sutini                            : Rp.      20.000,-
15.Hj. Sukilah                         : Rp.      10.000,-
16.Sulijah                                : Rp.        5.000,-
17.Timah                                 : Rp.        5.000,-
18.Wasilah                              : Rp.        5.000,-
19.H. Suryadi                          : Rp.   200.000,-
20.Hj.Harmini                          : Rp.     10.000,-
21.H. Ahmad Suhir                 : Rp.     20.000,-

JUMLAH PENERIMAAN : Rp. 7.883.138,-

Laporan Keuangan BAZ Kec. Karangrayung Bulan Oktober 2009

Saldo bulan lalu September 2009 : Rp. 2.758.938,-

1. H. Narso                                    : Rp. 100.000,-
2. Serka Sudi Hartoyo                 : Rp.   80.000,-
3. Kantor Kec. Karangrayung     : Rp. 172.000,-
4. SMPN 1 Karangrayung           : Rp.   20.000,-
5. Rusno                                        : Rp.   20.000,-
6. Calon Pengantin                      : Rp. 500.000,-
7. H. Darjo                                    : Rp. 100.000,-
8. Wasilah                                    : Rp. 150.000,-
9. Edi Suharjo                              : Rp.   20.000,-
10.Rofiah                                      : Rp.    60.000,-
11.Pelda Margono                       : Rp.   50.000,-

JUMLAH PENERIMAAN : Rp. 3.915.938,-

PENGELUARAN : Rp. 169.800,- (dibuku kas)

SALDO : Rp. 3.746.138,-

Laporan Keuangan BAZ Kec. Karangrayung Bulan September 2009

Saldo bulan Agustus 2009 : Rp. 1.353.938,-

1. Rukayah                        : Rp. 131.000,-
2. H. Rois Winoto             : Rp. 200.000,-
3. H. Nasro                        : Rp. 100.000,-
4. Triyatun                          : Rp. 600.000,-
5. Serka Sudi Hartoyo      : Rp. 150.000,-
6. Harto, SMP 1                : Rp.   60.000,-
7. Kantor Kec.                   : Rp. 164.000,-

JUMLAH PENERIMAAN : Rp. 2.758.939,-

Kamis, 17 Desember 2009

Kunker Komisi D DPRD Kab. Grobogan ke Karangrayung

          Komisi D DPRD Kab. Grobogan melaksanakan kunjungan kerja di Desa Termas dan Desa Dempel pada hari Kamis, 17 Desember 2009 dalam rangka penyaluran tali asih bagi lansia. Semua anggota Komisi D DPRD tampak mengikuti kegiatan tersebut dengan menggunakan tiga buah kendaraan. Setelah selesai kegiatan mereka singgah di  rumah Bp. Ali Mursidi, S.Ag salah satu anggota DPRD yang kebetulan rumahnya di Karangrayung.

Pelantikan Perangkat Desa Mojoagung Hasil Ujian 7 Desember 2009


Rabu, 16 Desember 2009

Sekdes Menerima SK PNS

Bertempat di Pendopo Kabupaten Grobogan pada hari Rabu, 16 Desember 2009 dilaksanakan penyerahan SK PNS dan pengambilan sumpah/janji bagi sebagian Sekretaris Desa yang memenuhi syarat. Untuk Kecamatan Karangrayung yaitu Sekdes Karangsono dan Sekdes Putatnganten. Untuk tahap pertama telah diserahkan SK PNS bagi Sekdes Parakan, Nampu, Karanganyar dan Cekel. Sehingga masih ada seorang sekdes yang memenuhi syarat namun belum mendapat SK yaitu Sekdes Jetis.

Hasil Ujian Tertulis Pengisian Kekosongan Perangkat Desa

Desa Mojoagung :
  1. Kaur Keuangan : Ana Peritaliya : 88
  2. Ulu-Ulu : Mulyono : 76
  3. Modin I : Soleman : 67
  4. Modin II : Bayu Tias Utomo : 76

Sabtu, 12 Desember 2009

Diklat Smart and Succes Leadership



Selama enam hari Joko Supriyanto, Sekcam Karangrayung bersama Purbo Adi Nugroho, AP, MM kasubid Diklat Struktural mengikuti Diklat Smart and Succes Leadership dari tanggal 7 s.d. 12 Desember 2009 bertempat di Kampus Diklat Eksekutif Sindoro Badan Diklat Propinsi Jawa Tengah Jl. Setia Budi No. 201 A Semarang. Acara dini direncanakan diikuti 40 orang peserta namun sampai dengan berakhirnya kegiatan yang hadir hanya 39 orang dari perwakilan dinas Propinsi Jateng maupun Pemkot/Pemda di Jawa Tengah.

Kunjungan Lapangan STBM/CLTS di Gunungtumpeng

Pada tanggal 9 Desember 2009 tim AMPL dari Kab. Sikka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan kunjungan dan studi banding mengenai pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) di Kabupaten Grobogan khususnya di Desa Gunungtumpeng.Muspika Kec. Karangrayung, Kepala UPTD Puskesmas Karangrayung I dan II serta tim CLTS Kec. Karangrayung turut mendampingi dalam kegiatan tersebut.

Wawasan Berhak Mengumumkan Pengadaan barang/Jasa

Harian Wawasan merupakan satu-satunya tempat/media untuk mengumumkan pengadaan barang/jasa pemerintah di wilayah Propinsi Jateng selama 365 hari kalender yaitu mulai 28 Nop 2009 s.d. 27 Nop 2010. Biaya satu kali penayangan pengumuman pengadaan barang/jasa dengan wwarna hitam putih sebesar Rp.3.400/mmk

Pemberian Bantuan Perawatan dan Uang Duka bagi Anggota Hansip/Linmas

Pada hari Sabtu, 12 Desember 2009 bertempat di Badan Kesbang Linmas Kab. Grobogan dilaksanakan pemberian Bantuan Perawatan kesehatan bagi Anggota Hansip/Linmas dan Uang Duka bagi ahli waris Anggota Hansip/Linmas yang meninggal dunia. Untuk Kecamatan Karangrayung yaitu :
  1. Sukamto Tarso, Desa Sendangharjo RT.06 RW. 06
  2. Purnadi, Desa Dempel RT. 04 RW.01
  3. Pariyem, ahli waris Jawadi Desa Sendangharjo RT. 01 RW.09
  4. Darsi, ahli waris Marmo Desa Sendangharjo RT. 03 RW.05
  5. Pariyem, ahli waris Jawadi Desa Mojoagung RT. 05 RW.06
  6. Darsih, ahli waris Sunardi Desa Dempel RT. 04 RW.01

Sekdes PNS yang Mencalonkan Diri sebagai Kades

Sesuai Pasal 14 PP No 45 Tahun 2007 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekdes menjadi PNS, bahwa sekdes yang diangkat menjadi PNS dapat dimutasikan setelah menjalani masa jabatan sebagai Sekdes sekurang-kurangnya 6 (enam) tahun.
Menindaklanjuti Surat Mendagri Nomor : 140/4192/PMD tanggal 23 Oktober 2009, Bupati Grobogan melalui suratnya tertanggal 10 Desember 2009 Nomor : 141/4912/II perihal Sekdes PNS yang Mencalonkan Diri sebagai Kepala Desa menyatakan :

Sabtu, 05 Desember 2009

Penyerahan Kartu Ujian Perangkat Desa Dempel


Panitia Pengisian Perangkat Desa Dempel pada tanggal 3 Desember 2009 bertempat di Balai Desa Dempel melaksanakan penyerahan sekaligus pengarahan kepada para Calon Perangkat Desa Dempel yang akan melaksanakan ujian tertulis pada tanggal 7 Desember 2009.
Pada acara tersebut juga ada media massa/wartawan (Bp. Trenggono) yang turut menyaksikan

Ikadik PP Grobogan ditaklukkan Temanggung 3-2


Ikadik PP Kabupaten Grobogan ditaklukkan Ikadik PP Kabupaten Temanggung dalam pertandingan sepak bola persahabatan yang berlangsung di Stadion Sabha Pala Temanggung pada tanggal 4 Desember 2009 dengan skor 3 - 2.
Pada acara ini tampak hadir pula anggota DPD Propinsi Jawa Tengah Ibu Denti yang merupakan istri dari alumni APDN terakhir yang menjabat salah satu camat di Kabupaten Temanggung.

Pelaksanaan Ujian Praktek dan Lisan bagi Calon Modin


Bertempat di Kantor KUA Kecamatan Karangrayung pada tanggal 5 Desember 2009 dilaksanakan ujian praktek dan lisan bagi para calon modin oleh petugas dari KUA Kecamatan Karangrayung. Acara tersebut didahului dengan pembukaan dan pengarahan oleh Camat Karangrayung, Mundakar, S.Sos,MM yang sebelumnya dilaksanakan pengundian nomor urut ujian bertempat di serambi masjid Roudhotun Naim. Urutan pertama ujian adalah Kades Rawoh. Ujian praktek dan lisan kali ini diikuti oleh 29 calon pada 8 Desa guna memperebutkan 11 lowongan pelaksana teknis lapangan modin.

Pengarahan Petugas PAM Pengisian Perangkat Desa


 Bertempat di Pendopo Kecamatan Karangrayung pada tanggal 5 Desember 2009 jam 09.00 WIB dilaksanakan pengarahan dan pembekalan bagi petugas pengamanan dari unsur Polri, Koramil dan staf kecamatan oleh Muspika Kecamatan Karangrayung.

Tunjangan Kinerja bagi Sekdes yang Diangkat Menjadi PNS

Surat Menteri Dalam Negeri Nomor : 900/1303/SJ khususnya pada angka 10 telah menegaskan bahwa ketentuan Sekdes yang diangkat menjadi PNS masih dapat mengelola tanah bengkoknya dinyatakan tidak berlaku. Sehubungan dengan hal tersebut mendasarkan surat Bupati Grobogan tanggal 20 Nopember 2009 NOmor : 143/4670/II perihal Tunjangan Kinerja bagi Sekdes yang Diangkat Menjadi PNS, menyatakan :

Rabu, 02 Desember 2009

Sosialisasi Narkoba dan Kapa Narkoba

Di Pendopo Kecamatan Karangrayung tanggal 2 Desember 2009 jam 12.30 s.d 14.00 WIB oleh BNK Grobogan.

Bantuan Kaki dan Tangan Palsu

Yayasan Peduli Tuna Daksa "Limbs for Limbless" Center Jakarta yang bergerak di bidang sosial bermaksud memberikan bantuan bagi masyarakat penyandang cacat (tuna daksa) baik yang karena sakit atau hal-hal lain berupa kaki tangan palsu dan braces bagi penyandang folio secara gratis. Sehubungan dengan hal tersebut kepada masyarakat yang kurang mampu yang membutuhkan bantuan tersebut dapat mengajukan permohonan dengan alamat :
Yayasan Peduli Tuna Daksa "Limbs for Limbless" Center Jakarta
Div. Yayasan Sadhu Vaswani
Komplek Ruko Danau Sunter Mas, Jl. Sunter Jaya I, Blok F-D
Jakarta Utara Telp. (021) 65309156-93811002
atau email : svc-Limbcenter@hotmail.com
web : www.kakipalsu.com, www.limb4limbless.org

atau
Hubungi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Grobogan (Bidang Sosial) Jl. Gajah Mada No. 15 Telp (0292) 424 907.

Adapun persyaratan :
  1. mengisi persyaratan;
  2. Surat Keterangan tidak mampu dari RT/RW dan Kepala Desa/Lurah diketahui Camat;
  3. Pas photo seluruh badan tampak yang cacatnya;
  4. FC KTP dan KK dilegalisir Kades/Lurah dan camat.

Selasa, 01 Desember 2009

Kunjungan PLAN Internasional di Desa Ketro dan Gunungtumpeng


Mr. John Mc. Donough (USA) dari PLAN Internasional Indonesia pada tanggal 1 Desember 2009 dengan didampingi dari anggota PLAN Internasional PU Grobogan melakukan kunjungan (visit reguler) ke Desa Ketro dan Desa Gunungtumpeng yang merupakan desa binaan PLAN. Di Desa Ketro Mr. John melihat dari dekat lokasi penghijauan dan sarena air bersih. Dia terkesan dengan pelaksanaan kedua kegiatan tersebut karena saling bersinergi. Selain itu partisipasi aktif dari berbagai pihak yaitu masyarakat, pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten juga dinilai bagus.Dari hasil wawancara dengan masyarakat ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya diare, gizi buruk (malnutrisi), BAB tidak pada tempatnya, air bersih yang belum menjangkau semua. Mr. John  dalam Bahasa Inggris yang diterjemahkan salah satu anggota PLAN Grobogan (mbak Tisa) mengharapkan ke depan akan terjalin kerja sama yang lebih baik dan lain waktu bisa ke Desa Ketro lagi untuk melihat kemajuan pelaksanaan kegiatan di Desa Ketro.

Berita Populer Minggu Ini