Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Senin, 29 Maret 2010

WORKSHOP ANGGARAN RESPONSIF GENDER (ARG) KAB. GROBOGAN


“Pemerintah Kabupaten Grobogan pada tahun 2008 mendapat penghargaan sebagai Kabupaten yang responsive gender”. Demikian disampaikan Kepala Bappeda Kab. Grobogan Drs. H. Pudjo Albachrun, Msi dalam acara Workshop Anggaran Responsif Gender (ARG) yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Grobogan pada tanggal 27 Maret 2010 di Gedung Riptaloka. Selanjutnya menurut Ketua Penyelenggara, Sri Puji Rahayu, kegiatan ini mendasarkan pada UU No. 7 Tahun 1984, Inpres No. 9 Tahun 2000, PMDN  No. 15 Tahun 2008 tentang Pedum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Daerah dan Perbup Kabupaten Grobogan No. 59 Tahun 2008 tentang Pedum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG).
Dalam sambutan Bupati Grobogan yang dibacakan Sekda Kab. Grobogan memberikan penekanan dalam pelaksanaan ARG diantaranya adanya langkah kongkret dari masing-masing SKPD, tersedianya kebutuhan anggaran SKPD, tersusunnya draf renja Tahun 2011, meningkatkan pemahaman SKPD tentang ARG, dan disepakatinya langkah-langkah strategis dalam pelaksanaan PUG.


 
Dalam workshop tersebut mendatangkan 4 orang pembicara :

  • Ka. Bappeda Kab. Grobogan, Mekanisme Kerja Pengarusutamaan gender (PUG) dan Upaya Percepatan perwujudan kesetaraan dan keadilan gender di Kab. Grobogan
  • Ka. LPPSP Semarang, Indra Kertati, Amanah menyelenggarakan perencanaan dan anggaran responsive gender 
  • Dinkes Kab. Grobogan dan Dinas Pendidikan Kab. Grobogan, yang mana memaparkan kegiatan di SKPDnya karena dinilai telah responsive gender.
Masalah umum terkait PUG diantaranya :

  1. Belum memahami PUG secara benar
  2. Sosialisasi belum maksimal dan menyeluruh 
  3. Koordinasi yang belum optimal 
  4. Ketidakjelasan pemahaman tentang peran dan posisi rencana aksi daerah (RANDA) PUD 
  5. Banyaknya peraturan yang ada dan bergati-ganti

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini