Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Jumat, 16 April 2010

Sambutan Mendagri HUT LINMAS ke-48 Tahun 2010

AMANAT
MENTERI DALAM NEGERI
PADA
PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-48
SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT
TANGGAL, 19 APRIL 2010
 
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita sekalian.
Yth. Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat di seluruh Tanah Air.
Para undangan dan peserta upacara yang saya hormati.

Mengawali sambutan saya, marilah kita Persembahkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rakhmat dan karunia-nya kepada kita sekalian, sehingga pada hari ini kita semua dalam keadaan sehat wal’afiat dan dapat melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-48 Satuan Perlindungan Masyarakat.
 
Upacara kali ini diselenggarakan baik di Pusat maupun di Daerah seluruh Indonesia. Saya selaku Menteri Dalam Negeri yang sekaligus sebagai Pembina Umum Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas). Mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke-48 kepada jajaran anggota Sat Linmas di seluruh tanah air. Dengan harapan semoga dengan bertambahnya usia, bertambah pula tingkat kedewasaan dan kualitas serta kuantitasnya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat yang serba dinamis sesuai dengan tuntutan kebutuhannya.

Para Anggota Sat Linmas Sekalian yang saya hormati.
Pengertian hari ulang tahun Sat Linmas kali ini mengambil tema “Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mendukung Suksesnya Penyelenggara PILKADA Tahun 2010”.
Tema ini sangat tepat dikaitkan dengan eksistensi Sat Linmas selama ini sebagai pengamanan langsung yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), mengingat pada tahun 2010 akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) di 244 daerah Provinsi Kabupaten dan Kota.

Para Anggota Sat Linmas yang berbahagia,
Sat Linmas sebagai sesuatu lembaga kemasyarakatan dengan pembinaannya yang berjenjang, Menteri Dalam Negeri sebagai Pembina Umum, Gubernur, Bupati & Walikota sebagai Pembina Teknis Operasional di Daerah serta Satuan Pelaksana Kecamatan, Desa dan Kelurahan.
Dalam Pelaksanaannya Sat Linmas di tingkat Desa/Kelurahan, anggotanya terbentuk dari pengorganisasian masyarakat. Hal tersebut dimaksudkan untuk membangun masyarakat dalam bentuk kesadaran bela Negara yang bersifat kemanuasian, sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 27 ayat (3), bahwa semua warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Peserta Upacara yang saya hormati,
Penyelenggaraan perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten dan Kota.
Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah khususnya dalam penjelasan pasal 13 dan 14 ayat (1), sehingga program perlindungan masyarakat perlu terus diberdayakan dan ditingkatkan perannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dalam menunjang program Pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, penanggulangan bencana serta ikut memelihara ketentraman dan ketertiban umum baik dalam kegiatan sehari-hari maupun terlibat dalam Pengamanan Penyelenggaraan Pemilu baik Legislatif, Presiden/Wakil Presiden maupun Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Saudara-Saudara Peserta Upacara yang saya hormati,
Khusus pemberdayaan Sat Linmas dalam penanggulangan bencana, Menteri Dalam Negeri melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No.362/4396/SJ tanggal 11 Desember 2009 tentang Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Membantu Kegiatan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor, telah meminta para Gubernur, Bupati dan Walikota yang wilayahnya rawan bencana banjir dan longsor agar memerintahkan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang membawahi Sat Linmas untuk memberdayakan aparat Sat Linmas seoptimal mungkin dalam membantu program tersebut.

Para Peserta Upacara Sekalian,
Dalam rangka menghadapi Pilkada 2010 yang akan diselenggarakan secara serentak di 244 Daerah Provinsi Kabupaten dan Kota yang meliputi pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, Sat Linmas harus meningkatkan kesiapsiagaan di daerah, agar dapat tercipta situasi yang kondusif serta terwujudya rasa aman dan tenteram di masyarakat. Kementerian Dalam Negeri melalui Surat No.331.1/248/SJ tanggal 29 Januari 2010 tentang Peningkatkan Kesiapsiagaan dan Keterlibatan Sat Pol PP dan Sat Linmas dalam penyelenggaraan Pilkada 2010 memerintahkan kepada seluruh jajaran Sat Linmas untuk terlibat secara aktif sebagai Pengamanan Langsung (Pamsung) yang merupakan bagian dari kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2010 dan diharapkan senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi dengan jajaran TNI dan Kepolisian.

Para Peserta Upacara yang saya hormati,   
Sebelum mengakhiri sambutan ini, beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian sebagai berikut :
1.    Tingkatkan Kapasitas Sat Linmas agar lebih berkualitas dan mempunyai disiplin tinggi, melalui berbagai pelatihan, penyuluhan dan Bimbingan Teknis.
2.    Tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan Instansi terkait serta lembaga kemasyarakatan lainnya dalam melaksanakan tugas pokok Perlindungan Masyarakat yang makin hari semakin kompleks.
3.    Tingkatkan peran aktif Sat Linmas sebagai pengamanan langsung Pemilihan Kepala Daerah 2010 serta menjaga netralitas dengan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada salah satu pihak maupun kelompok tertentu dalam penyelenggaraan Pilkada tahun 2010.
4.    Menjaga citra baik Sat Linmas dalam ikut serta menjaga Ketenteraman dan Ketertiban Umum di masyarakat.
5.    Meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada masyarakat dengan baik serta penuh keiklasan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, Dirgahayu Satuan Perlindungan Masyarakat yang ke-48.
Sekian dan terima kasih.
Wabillahi Taufiq Walhidayah Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
 
 
MENTERI DALAM NEGERI,

(di cap dan ditandatangani)
 
 GAMAWAN FAUZI


-------------------------------------------------------------------------------------
Diketik ulang oleh Tim LinmasJabar indra@linmasjabar.com
Mohon maaf bila terdapat kesalahan pengetikan
VIVA LINMAS.......


Salam,
Linja (Admin linmasjabar.com)
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini