Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Sabtu, 01 Oktober 2011

Obyek Wisata Tari Barong-Batubulan-Bali

Obyek wisata Batubulan merupakan salah satu desa yang terkenal dengan seni seperti seni pahat, seni tari, juga seni batik, kita bisa melihat kerajinan batik dengan motif khas Bali. Seni batik yang merupakan warisan nenek moyang kita ini memiliki motif khas Bali, 
 
Mengenai mutu batik yang dihasilkan lebih mengutamakan mutu sehingga mendapatkan perhatian yang sangat serius sekali dari konsumen, dan hasilnya pun sangat laku di pasaran baik di dalam negeri maupun luar negeri.  dan untuk seni pahat dan ukir di tonjolkan dalam bentuk patung berbahan dasar dari batu padas dan batu paras.
Apresiasi seninya yang terkenal adalah Tari Barong /Barong Dance dan Kecak. Batubulan terletak 10 km dari kota Denpasar, termaasuk ruang lingkup Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Propinsi, Bali. Desa Batubulan merupakan pintu gerbangnya Kota Gianyar.
Barong yang dipentaskan diusung oleh dua orang penari, satu penari di bagian kepala dan yang lainnya di bagian pantat / ekornya. Tari Barong ini melukiskan tentang pertarungan kebajikan dan keburukan yang merupakan paduan yang selalu berlawanan (rwa bhineda). Tari Barong diiringi dengan gamelan Semar Pagulingan. Pengunjung tidak akan bosan menyaksikan tarian ini karena selain ceritanya yang bagus juga sarat dengan humor.
Berdasarkan ciri khas bentuk patungnya, Batubulan mempunyai bentuk tersendiri hal ini terlihat jelas pada ukiran-ukiran yang terpahat pada bangunan suci, rumah, kantor, jembatan, hotel, restoran dan lain-lainnya yang mungkin kita tidak temukan di tempat lain.
Hasil patung di sini banyak juga di beli oleh daerah lain untuk keperluan hotel dan kantor, taman bahkan di ekspor ke luar negeri.


2 komentar:

Berita Populer Minggu Ini