Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Kamis, 01 Desember 2011

Penderita HIV/AIDS di Grobogan terus bertambah

Ternyata penderita HIV/AIDS di Kabupaten Grobogan cukup tinggi. Sejak pertama kali ditemukan kasus ini di Grobogan Tahun 2002 jumlah penderita penyakit mematikan ini terus bertambah termasuk yang meninggal dunia. Sebagaimana dimuat dalam harian SoloPos, sejak Tahun 2002 hingga akhir Agustus 2011mencapai 163 penderita. Dan yang meninggal dunia 48 penderita.
Penderita HIV Pria 51 orang dan wanita 55 orang. sedangkan penderita AIDS pria 42 orang dan wanita 15 orang.


Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.
Konsep ini awalnya digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.
Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.
Sejak dibentuknya hingga 2004, Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) memimpin kampanye Hari AIDS Sedunia, memilih tema-tema tahunan melalui konsultasi dengan organisasi-organisasi kesehatan global lainnya.
Sejak 2008, tema Hari AIDS Sedunia dipilih oleh Komite Pengarah Global Kampanye Hari AIDS Sedunia setelah melalui konsultasi yang luas dengan banyak pihak, organisasi dan lembaga-lembaga pemerintah yang terlibat dalam pencegahan dan perawatan korban HIV/AIDS. Untuk setiap Hari AIDS Sedunia dari 2005 hingga 2010, temanya adalah "Hentikan AIDS, Jaga Janjinya", dengan sebuah sub-tema tahunan.
Sementara seruan yang akan terus dikumandangkan adalah :

"STOP AIDS, TINGKATKAN HAK DAN AKSES PENDIDIKAN UNTUK SEMUA"


Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2011 ini, di Indonesia mengambil tema lindungi pekerja dan dunia usaha dari HIV dan AIDS.

Getting to Zero, Safety Riding and Safety Life

“Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari HIV/AIDS”
Puncak acara Hari AIDS dilaksanakan hari Minggu (27/11) dicanangkan oleh Wapres Boediono di Silang Monas, Jakarta. Pencanangan Kampanye HIV/AIDS “Aku Bangga Aku Tahu”, menjadi salah satu upaya penyadaran bersama, bahwa upaya pencegahan HIV/AIDS harus lebih diperluas dan ditingkatkan kualitasnya. (http://amriawan.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini