Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Kamis, 15 Desember 2011

Api Obor ASEAN Para Games 2011 diambil dari Mrapen-Grobogan

ASEAN Para Games, Mrapen, Api obor, Karangrayung, Kecamatan, Grobogan, GodongApi obor ASEAN Para Games 2011 yang akan berlangsung di Solo 12-22 Desember 2011, diambil di sumber api abadi Mrapen, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Pengambilan api itu dilaksanakan Rabu 14 Desember 2011 pagi.
Pengambilan api dihadiri Ketua Inaspoc 2011, Deputi III Bidang Pemberdayaan Olah raga Kementerian Pemuda dan Olahraga, James Tangkudung, Ketua KONI Pusat Rita Subowo, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo beserta jajaran Muspida Plus Propinsi Jateng, Bupati, Wabup Grobogan dan muspida Grobogan.

Api abadi diarak menuju jalan raya Purwodadi-Semarang lalu dibawa dengan mobil bak terbuka menuju Surakarta melewati Grobogan bagian barat, Demak, Kota Semarang, Kab. Ssemarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar.
ASEAN Para Games 2011 yang merupakan olahraga yang digelar setiap dua tahun sekali, diselengarakan Pasca SEA Games untuk atlet dengan cacat fisik (paralimpian) dari Negara-negara ASEAN yang meliputi  negara Thailand, Brunei Darussalam, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Myanmar, Timor Leste, dan Vietnam.
Ada 11 cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu :
  1. Panah /archery, Stadion Sriwedari
  2. Atletik/athiieties, Stadion Manahan
  3. Bulutangkis/badminton, Sritex Arena Sports Center
  4. Catur/chess, Pendopo Balaikota City Hall
  5. Goal Ball, Nyi Ageng Karang Gymnasium
  6. Angkat berat/powerlifting, Gedung wanita Manahan Sports Hall
  7. Renang/Swimming, Tirtomoyo Manahan Aquatic center
  8. Bowling/Ten Pin Bowling, Bengawan Sport Center
  9. Tenis meja/table tenis, Diamond Convention center
  10. Voly Duduk/Volleyball Sitting, Manahan Gymnasium
  11. Tenis Kursi Roda/Wheelchair Tennis, Manahan tennis Court
Maskot resmi ASEAN Para Games  2011 adalah Modo dan Modi, sepasang komodo. Maskot ini diadopsi dari binatang komodo sebagai hewan purba endemik kebanggaan Indonesia, yang terdapat di Taman Nasional Komodo.

Modo adalah komodo jantan yang mengenakan surjan, kostum tradisional Jawa Tengah berwarna coklat tua dan celana batik serta memakai blangkon, penutup kepala pria khas Solo. Modi adalah komodo betina yang mengenakan kabaya dan batik serta memakai konde, hiasan kepala wanita yang terbuat dari rambut palsu.
Menurut Gubernur Jateng, pada waktu SEA Games kemarin Jateng mengirimkan 85 atlet, dan menyumbangkan 31 emas, 16 perak 19 perunggu. Ditambahkan Ketua Koni untuk ASEAN Para Games  2011 ini, Jateng mengirimkan 79 atlet.
Pada kesempatan itu pula ditampilkan Tarian Warisan Mutiara Gagrak Grobogan, oleh Sangar Tari Mrapen. Api abadi Mrapen merupakan peninggalan Sunan kalijaga pada abad XV dan digunakan Empu Supo seorang pembuat keris bernama Kiai Sengkelet, merupakan pusaka kerajaan Kasultanan Bintoro Demak.
Informasi lengkap  liat : www.apg6solojateng.com atau www.paragames-2011.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini