Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Kamis, 27 September 2012

Grobogan. Warga Desa Telawah Terserang Diphteri

kesehatan, DPT, Grobogan, diphteri, imunisasi, Karangrayung
"Kabupaten Grobogan pada tahun ini termasuk dalam kategori KLB Diphteri," demikian disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Karangrayung II dalam rakor persiapan pelaksanaan ORI Diphteri di Desa telawah pada Kamis, 27/9. Acara ini diikuti Kepala SD, SMP, Kades, Perangkat dan Kader se-Desa Telawah Kesehatan.

Lebih lanjut dijelaskan selama Tahun 2012 ini telah terjadi 17 kasus pada 11 Puskesmas di 15 Desa. Untuk Desa Telawah ada satu penderita usia sekitar 7 tahun di Dusun Bandungan. Hal ini terjadi karena kegagalan imunisasi. Menurut data kohort yang bersangkutan memang tidak imunisasi sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh petugas.
Sekcam Karangrayung dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Kecamatan Karangrayung memiliki catatan buruk dalam bidang kesehatan, yaitu termasuk dalam wilayah penderita HIV/AIDS tinggi, pada tahun 2009 Angka Kematian Ibu melahirkan tinggi dan tahun 2012 ini termasuk KLB Diphteri. Agar para peserta rakor dapat mensosialisasikan dan mendukung pelaksanaan imunisasi yang akan dilaksanakan.
Biasanya pasien yang terserang difteri mengalami pembengkakan pada bagian dalam mulut dan bila terlambat penangannya akan mengakibatkan kematian. Bakteri difteri sendiri merupakan penyakit langka yang menyerang sistem saluran pernafasan  yang disebabkan oleh bakteri penghasil racun Corynebacterium diphtheriae. Bahkan penularan ini dapat terjadi dari percikan ludah dari batuk penderita yang terinfeksi serta kontak langsung dari pernafasan.
Guna menekan penularan penyakit diptheri ini direncanakan pada tanggal 4 Oktober 2012 akan dilaksanakan imunisasi serentak untuk anak usia 2 bulan-5 tahun DPT,HB; 5-7 tahun DT; 7-15 tahun TD. Melibatkan seluruh sekolah, kadus/perangkat Desa, Kader kesehatan desa serentak dimulai jam 08.00 WIB. Apabila pada hari itu belum bisa mengikuti akan disweeping pada tanggal 5-6 Oktober 2012.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini