Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Rabu, 28 Oktober 2009

Fasilitasi Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) 2009 (Bintek Pengelolaan Keuangan Desa)


”Pak Camat, bukan karena kami tidak membutuhkan dana ADD sehingga sampai saat ini belum mengajukan permohonan, namun karena menurut kami begitu banyaknya persyaratan guna pencairannya apabila dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu sehingga membuat kami bingung”. demikian salah satu keluhan dari peserta bintek pengelolaan keuangan desa yang dilaksanakan oleh Kantor Kecamatan Karangrayung pada tanggal               22 Oktober 2009 di Pendopo Kantor Kecamatan Karangrayung yang diikuti oleh Kepala Desa (PKPKD), Sekretaris Desa (PTPKD) dan Bendahara Desa. Dalam bintek tersebut disampaikan mengenai Penyusunan APBDesa dan ADD oleh Kasi Tata Pemerintahan Puryanto dan Penyusunan SPJ (Pertanggungjawaban Keuangan Desa) oleh Sekcam Karangrayung, Joko Supriyanto, S.STP,MH.
Dalam sambutannya, Camat Karangrayung, Mundakar, S.Sos menyampaikan beberapa hal. Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, kendala yang dihadapi diantaranya :
1.            kurangnya niat keras dari top manager untuk mewujudkan good governen
2.            kurangnya kerjasama antara pimpinan dan bawahan
3.            SDM minim dalam menguasai komputer
4.            perkembangan peraturan baru
5.            cukup lama bergantung kepada orang lain
6.            belum terjalin hubungan yang harmonis pemdes dg lembaga desa.
7.            orientasi uang
8.            belum menghargai SK Bupati & SK Kades (ditunjukkan enggan memakai pakaian dinas secara lengkap pada jam kerja)

Beliau selanjutnya menyampaikan solusi pemecahannya, diantaranya :
1.            Niatkan bekerja sebagai ibadah, lakukan dengan tulus, mulai kerja keras membenahi sistem pemerintahan desa
2.            Bagi tugas kepada bawahan, beri kepercayaan.
3.            Beri motivasi pada bawahan, reward & punishment.
4.            Lakukan pelatihan
5.            Jalin hubungan dengan lembaga desa dalam rangka sukses pelaksanaan tugas
6.            Konsultasi dan koordinasi
7.            Fungsikan kantor desa, makmurkan kantor desa, maka akan muncul kewibawaan pemerintahan desa.
8.            Uang bukan segalanya, percayalah rejeki ditangan Tuhan
Pada akhir sambutannya, beliau mengingatkan :
1.            ADD tahap I harus diselesaikan  (dilaksanakan & di SPJ-kan) awal Nopember 2009.
2.            Akhir (25 nopember 2009) mengajukan ADD tahap II karena awal Des 2009 berkas sudah harus di DPPKAD, melebihi tanggal tersebut anggaran hangus, tahap II Desember melaksanakan & meng SPJ kan dan tanggal      10 Jan 2010 harus sudah dikirim ke Bag Pemdes Setda.
3.            Program pengisian perangkat desa harus berjalan sukses tanpa ekses.
4.            PBB 2009 lunas semua desa akhir Oktober 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini