Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Sabtu, 09 Juli 2011

Peremian Pusat Layanan Internet Kecamatan

Peresmian Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dihadiri oleh Asisten II, Dasuki, SH. MH mewakili Bupati Grobogan,  Evita Nursanty, M.Sc anggota Komisi I DPR RI, Kepala Balai Penyediaan dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementrian Kominfo, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah, Para Camat, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Karangrayung, Kepala Desa Sumberjosari, serta para Kepala Sekolah.
 
Dalam sambutannya Beliau mengatakan bahwa keberadaan internet memang sangat membantu memudahkan kita dalam mendapatkan dan menyebarluaskan informasi dengan praktis dan efektif. Akan tetapi perkembangan internet yang pesat tersebut terlihat kurang merata. Perkembangan internet di perkotaan jauh meninggalkan perkembangan internet di kecamatan, bahkan pedesaan. Informasi bukanlah monopoli masyarakat di perkotaan saja. Masyarakat yang tidak tinggal di perkotaaan pun berhak untuk menikmatinya.  
Untuk menghilangkan kesenjangan terhadap akses informasi itu, dan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di bidang informasi dan komunikasi, Pemerintah melalui BP3TI Kementrian Kominfo mengadakan Program Penyediaan Pusat Layanan Internet Kecamatan atau PLIK.
Dengan tersedianya PLIK, salah satu tujuan yang hendak dicapai adalah terhubungnya ribuan desa di seluruh indonesia, serta terciptanya konsep “Desa Pintar”, yang artinya desa tersebut punya internet. PLIK diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana untuk memperkenalkan dan memanfaatkan bidang Information And Communication Technology (ICT) dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan perekonomian daerah.
Untuk masing-masing titik PLIK akan dilengkapi dengan 5 unit PC, 1 server, 1 printer, serta paket perangkat penunjang lainnya. Termasuk juga penggunaan sistem operasi berbasis open source, yaitu Linux Fedora. Penggunaan sistem operasi open source semacam ini, diharapkan dapat memberikan pendidikan bagi masyarakat agar tidak lagi menggunakan sistem operasi yang ilegal atau bajakan. Sekaligus masyarakat ditantang untuk ikut mengembangkan sendiri berbagai perangkat lunak berbasis open source.
Dipilihnya Desa Sumberjosari sebagai lokasi PLIK yang pertama di Kabupaten Grobogan diharapkan sebagai langkah awal terciptanya “Desa Pintar” di Kabupaten Grobogan. Yang Kemudian akan diikuti oleh desa-desa lainnya, sehingga desa-desa akan saling terhubung melalui fasilitas internet. Dengan adanya Desa Pintar semacam ini, kesenjangan informasi yang selama ini ada, dapat dihilangkan.
“Harapan saya, dengan keberadaan PLIK ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan optimal. Sehingga tujuan dari adanya program PLIK ini dapat tercapai, dan masyarakat pun dalam menggunakan fasilitas akses internet secara bijak”, tutur Beliau dalam sambutannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini