Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Sabtu, 01 Oktober 2011

Obyek Wisata Tanah Uluwatu-Bali

Uluwatu salah satu obyek wisata di bali, dibangun di atas batukarang yang terjal dan tinggi sekitar 70 meter yang menjorok ke laut (samudra Indonesia) yang terkenal dengan keindahan sunset / matahari tenggelam. Pura Luhur Uluwatu berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewa  Rudra.

Pura Uluwatu dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin atau disebut dengan Pura Sad Kahyangan. Pura Luhur Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, sekitar 25 km ke arah selatan dar wilayah wisata Kuta, terletak di ujung Barat Daya Pulau Bali.
Menurut Lontar Kusuma Dewa, pura ini didirikan atas anjuran Mpu Kuturan sekitar abad kesebelas, sebagai tempat untuk menurunkan ajaran Desa adat dengan segala aturan-aturannya dan selanjutnya pura ini dipakai untuk memuja oleh seorang pendeta suci yang bernama Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta yang berasal dari Jawa, datang ke Bali pada tahun 1546 M, yaitu pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong.
Pura Uluwatu merupakan salah satu obyek wisata populer di Bali.Pura ini terletak di batu karang yang menjorok ke laut, disini para pengunjung dapat melihat matahari terbenam / sunset yang indah. Di lokasi pura setiap hari diadakan pertunjukan tari Kecak dengan latar belakang sunset yang indah,dengan diiringi oleh kelompok penari laki-laki yang berjumlah sekitar 50 orang. (http://www.balitoursclub.com)
Di Pura Uluwatu ini banyak didiami kera. Para wisata dianjurkan agar berhati-hati apabila membawa/memakai barang-barang berharga karena dapat/bisa direbut kera-kera yang ada di situ. Bahkan istri Sekdes Karanganyar juga kehilangan sebuah anting-antingnya karena dirampas kera.

2 komentar:

  1. wah belum pernah kesini,
    jadi penasaran bagaimana suasanannya

    BalasHapus
  2. Dari luar obyek tampak gersang....begitu masuk lokasi sepanjang jalan disambut oleh gerombolan kera liar yang siap merebut barang-barang yang anda bawa kalau anda lengah....
    Pura Uluwatu dibangun diatas batu karang yang terjal dan tinggi...sangat eksotis

    BalasHapus

Berita Populer Minggu Ini