Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada

Kamis, 23 Februari 2012

Batik Grobogan

grobogan, batik, jagung, karangrayung
H. Jatmiko, pegawai UPTD Peternakan dan Perikanan dalam apel pagi Kamis, 23 Peb 2012 hari ini menjadi pusat perhatian karyawan/wati lingkungan Kec. Karangrayung. pasalnya hari ini beliau mengenakan seragam batik baru, yang ternyata adalah produk dari Grobogan.

Yang menarik dari batik ini adalah adalah corak khas Grobogan yaitu produk pertanian, gambar tanaman jagung. Selain itu karena beliau karyawan UPTD Peternakan dan Perikanan ditampilkan pula gambar ternak kerbau dan ikan. Ada pula corak jati gugur,  padi, kedelai, bledug kuwu, api abadi mrapen dan pring sedapur. Selain itu batik Grobogan cenderung menggunakan warna-warna yang mencolok dan cerah.
Batik Grobogan adalah batik tulis buatan kelompok perajin seperti kelompok di Desa Putat Kecamatan Purwodadi yang membuat corak burung, Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi yang membuat corak Pring Sedhapur. ‘’Di Selo, Tawangharjo juga ada kelompok  perajin batik yang identik dengan corak Gandrik dan Mega Mendung, serta Desa Sembung yang identik dengan batik bercorak Bunga. Jumlah kelompok perajin ini kian hari kian bertambah. Para perajin juga menggunakan kain yang berkualitas.
Guna menghidupkan para pengrajin batik tulis di Grobogan, diharapkan dapat diterbitkan aturan yang mewajibkan seluruh pegawai dan aparat  pemerintah desa pada hari-hari tertentu setiap minggunya menggunakan batik asli produk dari Grobogan ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini