Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Selasa, 11 September 2012

Jeruk Sadi dari Desa Sendangharjo

Penulis baru tahu hari ini kalau di wilayah Kecamatan Karangrayung tepatnya di Dusun Ngumbuk Desa Sendangharjo terdapat potensi buah jeruk yang menurut pemiliknya sudah sampai ke luar daerah.

"Sudah banyak warga yang ikut menanam buah jeruk ini", demikian dijelaskan oleh pemilik yang juga mantan Kepala Dusun di Desa Sendangharjo. Seandainya ada perhatian lebih dari pemerintah saya yakin potensinya dapat melebihi ketenaran jambu merah dari Demak. Sekitar 3-4 tahun jeruk ini sudah berbuah tapi dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk memeliharanya. jeruk ini tidak mau diberi pupuk pabrik (urea) maunya diberi kompos atau kotoran hewan, pernah dicoba diberi urea tapi langsung mati.
Menurut penjelasan Perangkat Desa setempat, Masrul, buah jeruk ini dinamakan jeruk Sadi. Sangat bagus untuk kesehatan karena tidak menggunakan pupuk kimia tapi pupuk alami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini