Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Jumat, 08 Februari 2013

Sekretariat PPS Pilgub (kenapa) harus dari Perangkat/Pegawai Desa

Berikut ini beberapa dasar dalam Pengisian Sekretaris dan staf Sekretariat PPS Pilgub Jateng 2013 :
  • UU 32 tahun 2004 ttg pemerintahan daerah dan UU No 15 tahun 2011 ttg penyelenggara Pemiliu tidak diatur.
  • PP No 6 tahun 2005 pasal 11 ayat (6) : pegawai sekretariat PPS adalah pegawai desa/kelurahan yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan.
  • lampiran Keputusan KPU Prov Jateng No 03/Kpts/KPU-Prov-012/2012 huruf F (d) a. dalam melaksanakan tugasnya, PPS dibantu oleh sekretariat yang dipimpin oleh sekretaris dari perangkat desa/kelurahan setempat yang memenuhi syarat.
Menurut Sakta Anggota KPU Grobogan setelah konsultasi dengan Pak Andreas (KPU Provinsi Jateng), untuk sekretariat PPS seyogyanya dari perangkat demi menjamin dukungan dan pemahaman wilayah serta untuk staf sekretariat pps lebih fokus sebagai staf administrasi dan keuangan.
Lebih lanjut Sakta menjelaskan Panwaslu akan merekomendasikan ke penyelenggara pemilu terkait apabila sekretaris PPS BUKAN dari perangkat desa ......, karena sekretaris PPS didesa tersebut berasal dari swasta. namun untuk staf sekretariat yg dari swasta tidak mempermasalahkan.
Sebenarnya dasar hukum dalam penunjukkan sekretaris dan staf sekretariat PPS oleh Kepala Desa sudah diatur secara tegas dan jelas. Beberapa permasalahan yang bisa timbul diantaranya apabila dipermasalahkan oleh para Calon/tim sukses calon karena telah melanggar PP No. 6 Tahun 2005 dan keputusan KPU Jateng. Tentunya hal ini akan berdampak dengan pengelolaan keuangan.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Populer Minggu Ini