Selamat Datang di Kabupaten Grobogan, Kami Menantikan Partisipasi Saudara Guna Mengembangkan Potensi Yang Ada. Maaf lama tidak aktif...masih bertahan di grobogantoday.blogspot.com

Senin, 30 Januari 2012

Kepala UKP4: Bubarkan IPDN "Ini adalah awal dari disintegrasi," kata Kuntoro Mangkusubroto.

SELASA, 22 NOVEMBER 2011, 15:30 WIB
VIVAnews - Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntot Mangkusubroto mengusulkan untuk membubarkan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang sekarang bernama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan lembaga kedinasan lain.
Jika berbicara Indonesia sebagai negara kesatuan, kata Kuntoro, akar negara adalah pemerintahan di desa dan kecamatan. Saat ini, semua yang menjadi camat adalah tamatan dari STPDN atau kini disebut IPDN."Begitu STPDN ini mulai dibangun di tempat-tempat lain bukan hanya di Bandung, di Malang, tapi juga ada di Padang, Kalimantan, maka saya mengatakan ini adalah awal dari disintegrasi," kata Kuntoro, Selasa 22 November 2011.
Akibatnya, kata Kuntoro, orang-orang yang menuntut ilmu di STPDN/IPDN itu tidak mengenali daerah lain, tidak berinteraksi dengan mahasiswa dari daerah lain, dan tidak mengenal wilayah lain. "Bahkan lebih celaka lagi dia terjebak masuk pada satu sistem di mana penempatan bergantung pada dia tamatan STPDN mana. Oleh karena itu saya katakan STPDN semacam itu dibubarkan saja," kata dia.
Kuntoro menilai semua lembaga-lembaga pendidikan kedinasan yang memonopoli rekrutmen seharusnya tidak ada lagi. "Kecuali TNI. Kalau STAN tidak boleh hanya untuk Kemenkeu dan Kemenkeu tidak hanya untuk STAN. Juga Lembaga kemasyarakatan, akademi staregi imigrasi, di bawah Kementerian Hukum dan HAM, kecuali sekolah penerbangan," ungkapnya.
Menurutnya, ide pembubaran lembaga kedinasan ini sudah diusulkan dan sudah mulai dibahas. Namun, Kuntoro masih kesulitan menerapkannya karena harus berhadapan dengan birokrasi yang ada. "Birokrasi punya pertahanan sendiri untuk kepentingan orang-orangnya, bukan untuk negara," kata dia. (sj)

2 komentar:

  1. Pa Kontoro YTH, tolong dibaca tulisan Senior saya ini, dan tolong cari Informasi tentang Regionalisasi Kesatriaan IPDN, agar statmen yg di disampaikan tidak menimbulkan polemik baru. Mks
    http://budyhermawan125.blogspot.com/2012/04/ipdn-knp-harus-dipertahankan.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak saja di bubaran saya sudah apek ni ikut test" ipdn tanggal 4 test akademik hahahahaha

      Hapus

Berita Populer Minggu Ini